Perluasan Parkir, Aset PT KAI di Stasiun Jember Ditertibkan

Covesia.com – Karena telah lama ditempati puluhan warga di sekitar Stasiun Jember, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur, mulai menertibkan aset mereka, Sabtu (20/12/2014).

“Penertiban berjalan lancar dan tidak ada perlawanan dari warga karena memang tanah yang mereka tempati adalah milik PT KAI,” kata Manajer Humas PT KAI Daop IX Jember, Sugeng Turnianto.

Sugeng mengatakan, masih ada tiga rumah yang belum dikosongkan, penuh dengan barang-barang, namun mereka sudah menyatakan kesediaannya untuk membongkar sendiri bangunannya.

“Dari 41 rumah warga, sebanyak 39 rumah sudah dikosongkan hari ini dan petugas PT KAI siap membantu warga untuk mengangkut barang-barang tersebut,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan sebanyak 41 warga sudah menyatakan kesediaannya untuk pindah dari aset milik PT KAI paling lambat Sabtu ini melalui surat pernyataan yang dibuat bersama.

“Kami juga sudah memberikan uang ganti rugi sebagai ongkos angkut barang untuk bangunan permanen sebesar Rp250 ribu per meter, sedangkan semi permanen sebesar Rp200 ribu per meter,” ungkapnya.

Untuk itu, menurut Sugeng, tidak ada alasan bagi warga untuk tetap bertahan di lahan aset PT KAI yang akan dijadikan tempat parkir Stasiun Jember tersebut, pungkasnya.

“Sejauh ini tidak ada warga yang menolak atau mengajukan keberatan untuk pindah, hanya saja mereka butuh waktu untuk membongkar sendiri bangunannya,” tuturnya.

Sugeng mengatakan lahan seluas 10.320 meter persegi yang sudah ditempati warga bertahun-tahun tersebut merupakan aset milik PT KAI Daop IX Jember, sehingga tidak ada alasan bagi warga untuk menolak pengosongan lahan tersebut.

“Rencananya aset tersebut akan dijadikan lahan parkir untuk memperluas parkir di Stasiun Jember, sehingga seluruh bangunan harus ditertibkan,” tandasnya. (jmb)

0 Comments

Leave a Comment

eight + sixteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password