- Advertisement -
HomeNewsKantor Imigrasi Kelas I Padang Belum Layani e-Pasport

Kantor Imigrasi Kelas I Padang Belum Layani e-Pasport

- Advertisement -

Covesia.com – Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang belum dapat melayani penerbitan paspor elektronik (e-passport) menyusul belum lengkapnya peralatan pendukung.

Saat ini, pengurusan e-paspor hanya dapat dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Tanjung Priok, Surabaya, dan Batam. Biaya pembuatan e-paspor 48 halaman adalah Rp 600.000.

Kasi TU Imigrasi Kelas 1 Padang, Herman, menyatakan, saat ini Kantor Imigrasi Kelas I Padang baru bisa melayani pengajuan paspor secara online.

Nanti, berkas tersebut akan diproses melalui jalur khusus. Namun, proses wawancara untuk pembuatan paspor tetap dilakukan secara langsung di kantor Imigrasi.

“Bentuk fisik paspornya sama dengan yang manual. Namun, kalau paspor elektronik (e-passport) memiliki data biometrik sebagai salah satu unsur pengaman paspor yang disimpan dalam bentuk chip,” ujar Herman, Rabu (24/12).

Penerbitan e-pasport merujuk pada peraturan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Organisation (ICAO) yang sudah berlaku di Malaysia, Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, dan Swedia.

Fungsi chip tersebut sangat penting, karena dapat membuat paspor menjadi lebih sulit untuk dipalsukan. E-paspor jauh lebih aman ketimbang paspor biasa non-elektronik.

Pemegang e-paspor tidak perlu antri lagi di pintu pemeriksaan imigrasi dan bisa langsung menuju autogate di bagian penerbangan internasional. (Osd/zik)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × five =