- Advertisement -
HomeNewsTeleskop Hubble Temukan Galaksi Baru Pengungkap Alam Semesta Terbentuk

Teleskop Hubble Temukan Galaksi Baru Pengungkap Alam Semesta Terbentuk

- Advertisement -

Covesia.com – Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, telah merilis gambar terbaru yang menakjubkan dari sebuah galaksi misterius. Galaksi yang berhasil terekam oleh Teleskop Antariksa Hubble tersebut menunjukan bentuk yang masih alami sehingga dapat membantu mengungkapkan bagaimana alam semesta terbentuk.

Galaksi tersebut dinamakan IC 335. Galaksi yang tidak memiliki lengan spiral ini berisi tiga galaksi lain dan terletak di Fornax Galaxy Cluster 60 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini merupakan galaksi tua (awal) yang berkembang dengan sangat pasif.

Dilansir Covesia dari Situs Resmi NASA, Sabtu (27/12), para ahli mengatakan bahwa IC 335 termasuk galaksi yang cukup langka. Hal ini membuat para astronom kesulitan untuk menentukan jenis dan karakteristiknya. Untuk sementara, IC 335 dikelompokkan sebagai galaksi S0. Alasanya, setiap galaksi baru yang berjarak 45 ribu tahun cahaya dikelompokkan menjadi galakasi S0 .

Selama ini dalam skema klasifikasi morfologi, galaksi dikelompokkan atas tiga jenis, yakni Galaksi S0, Spiral dan Elips. Dari kelompok tersebut, S0 dianggap sebagai galaksi tua karena terdiri dari bintang-bintang yang sudah mengalami penuaan.

(osd/zik)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 4 =