Moneter Jepang, Harga Emas Turun Tajam

Chicago – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah bank sentral Jepang secara tak terduga memperkenalkan rencana untuk memompa lebih banyak uang ke dalam perekonomian.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember kehilangan 27 dolar AS, atau 2,25 persen, menjadi menetap di 1.171,6 dolar AS per ounce, lapor Xinhua yang dikutip Antara dan dilansir Covesia.com, Sabtu (01/11/2014).

Bank sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ), pada Jumat mengumumkan bahwa mereka akan mulai menambahkan lebih banyak uang untuk ekonomi Jepang dengan membeli surat utang pemerintah. Langkah mengejutkan itu mendorong para investor meningkatkan pembelian pada ekuitas dan dolar AS serta menjauh dari “safe haven” emas.

Dolar AS hampir mencapai posisi tertinggi 7-tahun terhadap yen Jepang pada Jumat, mendorong indeks dolar AS, ukuran kekuatan dolar terhadap enam mata uang saingannya, ke tertinggi baru empat tahun. Emas diperdagangkan dalam dolar dan menjadi lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lainnya. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen − 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password