Menteri Agama RI Buka MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumbar di Kota Pariaman

Covesia.com – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Lukman Hakim Saefuddin, membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Barat di mimbar Utama Pantai Kata, Kota Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu Malam (4/11/2017) sekitar pukul 23.00 WIB.

Menteri Lukman mengajak seluruh umat Islam untuk kembali memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang diajarkan dalam Alquran, sebagai benteng kuat dari pengaruh negatif arus globalisasi dan keterbukaan akses informasi.

Ia mengatakan saat ini hampir semua negara-negara di dunia mengalaminya, di Indonesia ditandai dengan menipisnya nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta terhadap agama, bangsa dan negara.

“Pengaruh tersebut hanya bisa dinetralisir dengan keimanan dan selalu berupaya meningkatkan rasa persaudaraan antar-umat se agama dan umat beragama, sebagaimana yang sudah diamanatkan dalam dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” kata dia.

Salah satunya, kata dia, dengan menyemarakkan kegiatan MTQ di setiap tingkatan dan kelompok umur sejak dari lingkup keluarga, sebagai lingkungan terkecil dalam tatanan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, juga memupuk rasa persaudaraan dan saling menghargai dalam kegiatan-kegiatan seperti MTQ nasional ke-37 tersebut juga merupakan faktor penting dalam keutuhan bangsa dalam tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, disamping sebagai media untuk mencapai prestasi terbaik bagi seluruh kafilah dari kota dan kabupaten di Sumatera Barat.

“Sehingga ajang ini mampu melahirkan sumber daya manusia berkualitas dalam menggalang kekuatan untuk meraih prestasi di ajang MTQ Nasional pada tahun 2020 nanti.

Dalam pembukaan, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, meminta pada Menteri Agama agat pada 2020 nanti MTQ Nasional di selenggarakan di Sumbar.

Sementara itu, Walikota Pariamam, Mukhlis Rahman, mengatakan ada sebanyak 1001 peserta yang mendaftar dari 19 Kabupaten/Kota dilingkungan Sumatera Barat.

“Di Sumbar baru Kota Pariaman yang menggunakan sistim Elekronik-MTQ (E-MTQ), maksudnya memasukan data peserta sesuai NIK, agar tidak adanya memanipulasi umur dan data peserta. Pasalnya, tidak ada peserta yang datang dari provinsi lain masuk kedaerah di Sumbar.

Sistem dengan sendirinya akan mempublikasikan hasil pendeteksian NIK dalam dua format, yaitu PDF dan MS excel. Bukan hanya sistem deteksi NIK, e-MTQ juga dapat diakses oleh publik secara luas sehingga datanya transparan.

MTQ nasional ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Barat ditandai dengan pemukulan bedug oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saefudin, didampingi Anggota DPR RI John Kenedy Azis, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin dengan disaksikan oleh seluruh Wali Kota dan Bupati dari seluruh daerah yang ada di provinsi Sumbar.

Reporter Pariaman: Rozi Yardinal

0 Comments

Leave a Comment

five × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password