Selain Pasukan Khusus, TNI AL Kerahkan Kapal Khusus

Covesia.com – TNI Angkatan Laut (AL) tak hanya menerjunkan pasukan khususnya, Denjaka dan Kopaska dalam pencarian pesawat AirAsia QZ-8501 yang hilang sejak, Minggu (28/12/2014). Sejumlah kapal juga diperbantukan untuk melakukan pencarian pesawat hilang tersebut.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL Laksamana Pertama (Laksma) Manahan Simorangkir menyebutkan, TNI AL akan memaksimalkan segenap kekuatan untuk membantu pencarian pesawat yang hilang termasuk mengevakuasi korban nantinya. Sedikitnya ada sembilan kapal milik TNI AL yang dikerahkan pada pencarian tersebut.

“Sembilan kapal itu terdiri dari tipe yang berbeda. Seperti fregat, corvet, landing dock, kapal berukuran kecil untuk patroli hingga jenis kapal penyapu ranjau,” terang Manahan kepada covesia.com di Jakarta, Senin (29/12/2014).

Manahan mengatakan, saat ini tiga kapal sudah berada di sekitar lokasi yang diperkirakan tempat jatuhnya pesawat AirAsia. Sedangkan kapal-kapal lainnya siap diberangkatkan dari Jakarta.

TNI AL akan berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam operasi pencarian tersebut. “Dalam operasi ini, Basarnas yang memimpin agar tidak tumpang tindih nantinya,” tandas Manahan. (hat/bim)

0 Comments

Leave a Comment

13 + 20 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password