Kapal TNI AL Pantau Sinyal ELT AirAsia

Covesia.com – Kapal-kapal TNI Angkatan Laut (AL) bakal dikerahkan untuk mendeteksi sinyal Emergency Located Transmitter (ELT) pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang pada, Minggu (28/12/2014). Kapal-kapal TNI AL yang ikut dalam operasi pencarian itu mampu menangkap sinyal ELT pesawat.

“Kita terus menunggu sinyal itu,” ungkap Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL Laksamana Pertama (Laksma) TNI Manahan Simorangkir kepadacovesiadi Jakarta, Senin (29/12/2014).

Dijelaskan, ELT berfungsi memberikan sinyal keberadaan pesawat kepada menara penerima. Alat tersebut terletak di bagian belakang pesawat dan memiliki waktu 3×24 jam memancarkan sinyal. Setelah melewati batas waktu, sinyal ELT itu akan berhenti secara otomatis.

“Sejak pesawat dinyatakan hilang, menara di pangkalan TNI AL wilayah Sumatera maupun Kalimantan belum menerima sinyal ELT AirAsia. Kita belum tahu penyebab tak memancarnya sinyal itu,” jelas Manahan.

Menurutnya, ada dua kemungkinan sinyal tersebut belum terdeteksi. Pertama, transmiter ELT baru melontarkan sinyal apabila terjadi benturan pada tekanan 10 ton. Kedua, sinyal tersebut sulit terdeteksi apabila letak ELT berada di dasar laut, terhalang pegunungan atau cuaca buruk.

“Untuk itu, kapal-kapal kita instruksikan menyisir perairan wilayah Batam sampai Belitung seperti yang diinstruksikan juga oleh Basarnas. Mudah-mudahan kita dapat menangkap sinyal ELT pesawat itu,” tandasnya.

(hat/lif)

0 Comments

Leave a Comment

eleven + 12 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password