Awas! Gunung Marapi Berstatus Waspada

Covesia.com – Saat jelang pergantian tahun baru, bagi anda yang ingin mendaki ke Gunung Marapi sebaiknya tidak melakukan pendakian hingga ke puncak gunung, agar terhindar dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan.

Karena, saat ini, Gunung Marapi masih berstatus waspada dan dilarang berada di radius tiga kilometer dari puncak.

Hal itu disebutkan Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi Sumbar, Warseno, pada covesia.com Senin, (29/12/2014) menurutnya, lokasi terakhir pendakian hanya boleh pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (m.dpl).

Jika berada di atas ketinggian itu, pihaknya tidak merekomendasikan, karena aktivitas kegempaan di Marapi saat ini masih tergolong tinggi.

Dikatakan juga, dari data Pos PGA Marapi Sumbar, semenjak tanggal 1 hingga 28 Desember 2014, Gunung Marapi Sumbar telah mengalami beberapa kali aktivitas vulkanik, diantaranya tiga kali hembusan, 21 kali gempa tremor, tiga kali gempa vulkanik dangkal (VB), 20 kali gempa tektonik dalam (VA), serta 30 kali gempa tornillo.

Aktivitas vulkanik ini menandakan adanya pergerakan vulkanik dari dalam gunung, dan Marapi bisa saja meletus kapan saja tanpa mengenal waktu, ujarnya. (jmb)

0 Comments

Leave a Comment

5 × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password