Antisipasi Banjir, 98 Pompa Air Beroperasi di Jakarta Utara

Covesia.com – Menghadapi puncak musim hujan, satu rumah pompa (Rupom) baru di Pintu Air Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara rampung dibangun. Dengan ditambahnya rumah pompa itu diharapkan bisa meminimalisir banjir di wilayah hilir kota Jakarta Utara tersebut.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sumber Daya Air Sudin PU Tata Air Jakarta Utara, Kuryatna Atmadja, mengatakan Jakarta Utara sebelumnya sudah memiliki 39 Pompa Air.

Adanya penambahan pompa terbaru tersebut diharapkan mampu menambahkan kesiapan mengatasi banjir di wilayahnya.

“Jakarta Utara kan hilirnya Jakarta, air dari hulu pasti mengalir ke wilayah ini, apa lagi kita juga dekat laut. Menambah Rupom diwilayah ini sudah tepat,” Ujar Atmadja kepada Covesia, Senin (29/12/2014).

Atmadja juga menambahkan, rumah pompa statis pengendali banjir yang rampung Desember 2014 ini berkekuatan 6 unit pompa. Masing-masing pompa memiliki daya hisap sebesar 5 kubik/detik sehingga keberadaanya dapat meningkatkan kapasitas Jaktut menghadapi Banjir kiriman.

Dengan adanya tambahan 6 unit pompa baru untuk Jakarta Utara, saat ini wilayah tersebut telah memiliki 98 unit pompa. Pompa-pompa air tersebut tersebar di 36 lokasi rupom.

Atmaja juga menghimbau warga Jakarta agar tidak membuang sampah di kali. Dikarenakan jika tumpukan sampah memadati Rupom, maka pompa-pompa air di dalamnya akan terganggu bahkan berpotensi rusak.

(pjr/peb/lif)

0 Comments

Leave a Comment

four × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password