Pencarian Pendaki Gunung Kerinci Terkendala Cuaca Ekstrim

Covesia.com – Hingga hari ketiga sore ini, pencarian Setiawan Maulana, pendaki yang hilang di Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 Mdpl, Jambi, belum membuahkan hasil. Tim pencarian terkendala cuaca ekstrim.

“Cuaca yang tidak bersahabat di kawasan Gunung Kerinci menghambat jalannya proses pencarian korban atas nama Setiawan Maulana (22), warga Bekasi,” kata Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, di Jambi, Senin (29/12/2014).

Sampai saat ini pencarian oleh tim gabungan dari Polisi, TNKS, Dinas Kehutanan tetap dilakukan walaupun cuaca kurang bersahabat. Pencarian dilakukan dengan melakukan penyisiran di lokasi yang diduga korban menghilang tepatnya di antara Tugu Yudha dengan Shelter 3 Gunung Kerinci.

Untuk sementara kawasan Gunung Kerinci ditutup karena semua aktifitas pendakian masih difokuskan untuk mencari korban yang hilang di jalur pendakian Gunung Kerinci.

Polres Kerinci juga terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini pihak TNKS, pusat vulkanologi atau pos pemantau Gunung Kerinci, Dinas BPBD Kabupaten Kerinci, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Dinas Sosial Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kecamatan Kayu Aro, Kecamatan Kayu Aro Barat dan Kecamatan Gunug Tujuh dalam rangka melakukan upaya pencarian terhadap satu orang pendaki yang hilang.

Korban Setiawan Maulana pada Sabtu (27/12/2014) sekira pukul 07.00 WIB, bertempat di area jalur pendakian puncak gunung Kerinci diduga telah hilang atau tidak kembali. Korban Setiawan Maulana adalah satu dari 16 anggota rombongan pendaki Gunung Kerinci yang pada Kamis (25/12/2014) sekira pukul 13.00 WIB melakukan pendakian Gunung Kerinci.

Karena hari sudah mulai gelap akhirnya rombongan memutuskan untuk beristirahat dengan mendirikan tenda di Shelter 1 (2.512 Mdpl) sambil menunggu esok hari guna melanjutkan perjalanan.

Pada hari Jumat 26 Desember 2014 rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Kerinci. Namun tiga orang dari rombongan tersebut tinggal di Shelter 1 sedangkan 13 orang lainnya melanjutkan perjalanan menuju Shelter 2.

Sesampainya di Shelter 2 rombongan memutuskan untuk kembali beristirahat dengan mendirikan tenda. Namun dua orang pendaki memutuskan tidak beristirahat di Shelter 2 atau diketinggian 3.072 MDPL dan melanjutkan perjalanan ke Shelter 3 (3.320 Mdpl) untuk selanjutnya menuju puncak Gunung Kerinci. (bim/ant)

0 Comments

Leave a Comment

eight + eleven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password