Kongres PAN 2015, Ada Sinyalemen Amien Rais Dukung Zulkifli Hasan

Covesia.com – Direktur Eksekutif Indo Strategi, Andar Nubowo, menilai episentrum politik PAN ada pada Amien Rais. Hampir semua keputusan besar partai tersebut harus mendapatkan persetujuan mantan Ketua Umum dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai yakni Amien Rais.

“Pengaruh Amien Rais dalam PAN sangat besar, semua keputusan baik menyangkut struktur partai dan haluan langkah strategis partai di pengaruhi Amien. Pada Kongres PAN nanti Amien terlihat lebih mendukung Zulkifli Hasan ketimbang Hatta Rajasa,” Ujar Andar kepada Covesia, Senin, (29/12/2014).

Andar mencontohkan naiknya Seotrisno Bachair di puncuk pimpinan PAN semua karena Amien, begitu juga dengan Hatta Rajasa. Bahkan keputusan Partai PAN di Koalisi Merah Putih (KMP) juga berada di bawah kewenangan mantan ketua MPR-RI tersebut.

Lebih jauh, Andar melihat menjelang Kongres IV PAN di Bali yang akan berlangsung pada bulan Maret 2015 mendatang, sikap Amin cendrung lebih besar mendukung Zulkifli Hasan.

Penilaiannya tersebut didasari oleh penglihatan Andar terhadap sikap Hatta yang membangun dinasti politik baru di internal Partai Amanat Nasional diluar Amien.

Dirinya menilai, Hatta Rajasa lebih memilih SBY sebagai patron kongsi politiknya ketimbang politisi Senior PAN Amien Rais.

Akibat dari indikasi pembangunan barisan politik baru di dalam Internal PAN oleh Hatta, membuat hubungan Hatta dan Amien semakin renggang. Alhasil, Andar mengambil kesimpulan bahwa Amin Rais akan lebih mendukung Zulkifli ketimbang Hatta menjelang Kongres Pan ke VI di Bali Januari 2015 mendatang.

“Jadi, dukungan Amien Rais ke Hatta tampaknya akan berhenti dan beralih kepada Zulkifli. Selain karena lebih “dekat” (besanan), Zulkifli juga jernih dari anasir politik lain,” imbuhnya.

(pjr/peb/lif)

0 Comments

Leave a Comment

4 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password