Presiden: Lakukan Pencarian AirAsia Semaksimal Mungkin

Covesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh instansi terkait, Basarnas, TNI, Polri, Dishub, Maskapai Penerbangan, Kementerian Instansi Terkait, serta masyarakat untuk melakukan pencarian semaksimal mungkin terhadap Pesawat Komersil AirAsia QZ-8501 yang hilang sejak Minggu (28/12/2014).

“Saya terkejut mendengar kabar hilangnya Pesawat Komersil AirAsia QZ-8501. Saya juga merasakan kesedihan dan kegelisahan seperti yang dialami keluarga korban,” kata Jokowi, saat Konferensi Pers di Kantor Pusat Basarnas yang menjadi posko utama pencarian pesawat AirAsia QZ8501 di Jakarta, Senin (29/12/2014).

Presiden menjelaskan hingga saat ini belum didapat kejelasan posisi pasti pesawat AirAsia QZ-8501. “Saya menghimbau kepada keluarga penumpang untuk tetap sabar dan tabah dalam kondisi ini, semoga Pesawat AirAsia QZ-8501 cepat ditemukan oleh tim Basarnas dan pihak lainnya,” sambung Jokowi.

“Hingga saat ini kita harus sampaikan apa adanya, belum memperoleh kejelasan tentang posisi pesawat. Kita mohon agar seluruh keluarga penumpang maupun awak pesawat diberikan ketabahan dan kesabaran, dan kita terus berdoa agar pencarian dapat segera mendapatkan kejelasan,” kata Presiden.

Ia juga telah memerintahkan KNKT untuk bekerja dengan cepat mengungkap penyebab hilangnya pesawat ini semaksimal mungkin sehingga perbaikan bagi keselamatan penerbangan bisa dilakukan secara efektif. Dan KNKT merupakan lembaga independen yang berwenang untuk menjelaskan semua ini.

“Kita juga dapat bantuan dari negara-negara sahabat kita baik dari Malaysia, Australia, Singapura, dan besok dari Korea Selatan. Dari Malaysia misalnya tiga kapal satu heli dan satu CN, dari Australia bantu dua pesawat, dari Singapura dua pesawat C130 dan dua kapal, dan dari kita sendiri bahwa seluruh kekuatan sudah dikerahkan ada 11 jenis pesawat fix-wing, 12 jenis pesawat rotary-wing, plus 24 kapal,” ujar dia.

Sampai malam ini, Pukul 18.00 WIB, pesawat AirAsia QZ 8501 tak kunjung ditemukan. (def)

0 Comments

Leave a Comment

11 + 17 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password