KNKT Eropa Tawarkan Bantuan Investigasi Pencarian Airasia

Covesia.com – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) negara Eropa menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk melakukan investigasi terkait hilangnya pesawat AirAsia QZ-8501.

“Ada tawaran juga dari negara Eropa selain negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang membantu melakukan pencarian. KNKT Eropa untuk mengetahui penyebabnya,” kata Kepala KNKT, Tatang Kurniadi di Tangerang, Senin (29/12/2014).

Ia mengatakan, bantuan lain yang diberikan negara asing yakni berupa kapal untuk mencari pesawat AirAsia yang kemungkinan jatuh di laut. Walaupun demikian, belum ada informasi yang pasti mengenai lokasi pesawat AirAsia saat ini meskipun saat terakhir mengudara berada diatas laut.

“Belum ada informasi signifikan. Apakah pesawat itu berada di laut maupun daratan seperti pegunungan. Pencarian masih terus dilakukan,” ujarnya.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan sejumlah negara telah mengirim kapal untuk membantu pencarian. Misalnya saja Malaysia yang mengirim tiga kapal, Singapura dengan tiga kapal. Sedangkan di Indonesia, TNI telah menerjunkan kapal dan pesawat.

Harapannya, agar pencarian bisa dilakukan secara maksimal dari udara maupun laut. Begitu pula dengan TNI Angkatan Darat yang telah juga bergerak. (bim/ant)

0 Comments

Leave a Comment

18 + 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password