2014, RCTI Lembaga Penyiaran Terbanyak Ditegur KPI

Covesia.com – Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) merupakan lembaga penyiaran yang mendapat sanksi terbanyak dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sepanjang tahun 2014.

Setidaknya 26 sanksi yang telah dikeluarkan KPI kepada RCTI selama tahun 2014 ini. Kemudian disusul oleh Trans TV dengan 25 sanksi, SCTV 23 sanksi, ANTV 19 sanksi, dan Trans 7 dengan 19 sanksi.

Seperti yang dilansir darikpi.go.id, KPI juga mengungkapkan ada 10 program siaran yang paling banyak mendapat aduan dari masyarakat dan 10 program siaran yang paling banyak mendapat sanksi dari KPI.

Program-program tersebut telah mendapat teguran berupa adminstrasi atau pun penghentian program. Pemberian sanksi itu dikarenakan program-program tersebut tidak layak untuk ditonton oleh masyarakat Indonesia.

Sedangkan untuk lembaga penyiaran yang paling banyak mendapat aduan dari masyarakat adalah Trans TV dengan jumlah aduan sebanyak 4.936 aduan. Kemudian dilanjutkan oleh SCTV dengan 2.127 aduan, RCTI 2.033 aduan, Trans 7 dengan 1.933 aduan dan ANTV 1490 aduan.

Ketua KPI Pusat, Judhariksawan menegaskan, berdasarkan hasil evaluasi KPI selama tahun 2014, KPI meminta agar pengiklan jangan berkontribusi terhadap kelangsungan program televisi yang buruk dan memasang iklan produk-produknya.

“Di tahun 2015 nanti, kita akan lakukan publikasi secara berkala tentang iklan-iklan apa saja yang masih tampil pada program televisi yang sarat dengan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standart Program Siaran (P3 & SPS),” papar Judhariksawan, Selasa (30/12/2014).

(peb/lif)

0 Comments

Leave a Comment

19 − nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password