- Advertisement -
HomeNewsBNP2TKI: Remitansi TKI dari Jawa Timur Tertinggi di Indonesia

BNP2TKI: Remitansi TKI dari Jawa Timur Tertinggi di Indonesia

- Advertisement -

Covesia.com – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) merilis jumlah remitansi (jumlah kiriman uang ke Tanah Air dari tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri) tertinggi di Indonesia selama tahun 2014 adalah TKI dari Jawa Timur (Jatim) dengan jumlah lebih dari Rp 1,9 trilun.

Data ini disusul dengan TKI asal Jawa Tengah (Jateng) sebesar Rp 1,17 triliun dan DKI Jakarta lebih dari Rp 455 milyar.

“Sejauh ini kita baru menerima data remitansi dari 19 Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) selaku unit pelaksana teknis BNP2TKI di tingkat provinsi,” kata Arini Rahyuwati, Direktur Pemberdayaan Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI seperti dikutip bnp2tki.go.id dan dilansir covesia, Selasa (30/12/2014).

Arini juga menyebutkan setelah DKI Jakarta, secara berurutan jumlah remitansi TKI tertinggi lainnya adalah dari TKI asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Rp 231 milyar. Kalimantan Barat (Kalbar) Rp184 milyar, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur info dari BP3TKI Nunukan sebesar Rp 133 milyar.

“Sementara Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebagai pengirim TKI terbanyak dari daerah-daerah lain di Indonesia, dari info BP3TKI Bandung jumlah remitansi TKI hanya Rp 15 milyar,” tambahnya.

Arini menambahkan, jumlah total remitansi TKI dari 19 BP3TKI per akhir September 2014 dari satu bank (Bank Mandiri) yang terinfo ke BNP2TKI pusat sebesar Rp 4,52 triliun. (utr/bim)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 2 =