USS Samsons DDG 102 Turut Bantu Pencarian Air Asia

Covesia.com – Pernahkah anda menonton film Battleship yang dirilis pada 2012.? Kalau pernah, tentu anda akan kagum dengan kapal laut tangguh yang melawan kapal induk alien tersebut.

Kini, wujud kapal tersebut akan hadir di Indonesia pada Selasa (30/12). Kapal penghancur milik Angkatan Laut Amerika tersebut memiliki panjang 155 meter dan berat bersih sekitar 9200 ton. Teknologi canggih dan sonar dengan jangkauan luas yang dimiliki USS Samsons diharapkan dapat membantu mencari keberadaan pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang di sekitar perairan Babel dan Kalimantan.

“Kedutaan besar kita (Amerika) di Indonesia menerima permintaan bantuan untuk mencari lokasi hilangnya pesawat”, ujar Jeffrey Rathke, Juru bicara kementrian dalam negeri Amerika Serikat, dilansir Covesia dari Straitstime Asia, Selasa (30/12).

Dilansir Covesia dari situs angkatan laut Amerika, USS Samsons seri DDG-102 mulai dibuat 13 September 2002 oleh perusahaan Bath Iron Work di California, Amerika Serikat. Empat tahun setelah itu, tepatnya 16 September 2006, pesawat tersebut dirilis. Kapal ini biasanya stand-by di sekitar Samudra Pasifik

Tidak hanya memiliki sonar yang canggih, pesawat yang diawaki oleh 383 orang ini juga memiliki misil Tomhawk dan torpedo Mk 46 yang dapat menghancurkan kapal lainnya dalam waktu singkat. Selain itu, kapal ini juga memiliki beberapa pesawat dan helicopter tempur di atasnya, seperti Sea Hawk 60. Berkat fasilitasnya itu, pesawat ini menjadi alutsista dengan reputasi yang bagus dan disegani oleh negara lain.

Saat ini terdapat tiga unit USS Samsons. Dua seri terdahulu telah ikut dalam perang dunia 1 dan 2. Penamananya untuk menghormati pahlawan Amerika, Admiral Willian T. (osd/zik)

0 Comments

Leave a Comment

15 + 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password