Mengenal Fungsi “Black Box” pada Pesawat Terbang

Covesia.com – Banyaknya kasus jatuhnya pesawat yang masih menjadi misteri, membuat kita bertanya-tanya tentang peranan Black Box atau lebih populer dengan sebutan kotak hitam. Dalam beberapa kecelakaan yang pernah terjadi, hasil pembacaan Black Box tidak banyak yang disampaikan ke khalayak ramai. Apakah data tersebut bisa hilang?

Black Box adalah kotak penyimpanan alat perekam kegiatan penerbangan yang meliputi FDR (perekam data penerbangan) dan CVR (perekam suara di kokpit). Data penerbangan yang dimaksud adalah waktu terbang, tekanan udara, ketinggian, kecepatan angin, keseimbangan horizontal, arah kompas, dan rekaman suara pilot selama 25 jam terakhir.

Karena peranannya yang penting, Black Box dilapisi aluminium tipis, silika, baja anti karat dan titanium agar data terlindungi . Black Box yang biasanya terletak di bagian ekor pesawat ini mampu bertahan terhadap suhu 1.100 derajat celcius selama 1 jam, bertahan dalam air laut selama 30 hari, tahan terhadap bahan kimia, dan tahan benturan yang kuat hingga 3.400 G.

Dilansir Covesia dari Globalnews, Selasa (30/12), kotak hitam ini dilengkapi ULB (Underwater Locator Beacon) yang akan mengeluarkan sinyal suara ultrasonik setelah terjadi kecelakaan selama 30 hari agar posisi jatuhnya pesawat dapat diketahui dengan mudah.

Setelah kotak hitam ditemukan, kotak itu akan dikirim ke pihak otoritas terkait, seperti KNKT. Kotak hitam akan dihubungkan melalui alat pembaca khusus. Namun penganalisaanya membutuhkan waktu lama karena melibatkan multidisiplin ilmu seperti bidang penerbangan, mesin, dan ahli kejiwaan sang pilot.

Dulu, pembacaan Black box hanya bisa dilakukan di luar negeri. Saat ini, KNKT telah memiliki laboratorium untuk membaca data dari black box sejak 17 Agustus 2009.

Awalnya, Black Box sederhana telah diciptakan oleh Wright bersaudara pada tahun 1900-an. Kemudian Dr David Warren dari Australia menyempurnakan kotak hitam pertama tersebut setelah 50 tahun.

Karena informasinya bersifat rahasia, pembacaan hasilnya juga harus disaksikan oleh pihak yang berwenang. Oleh karena itu, informasi yang dirilis kepada masyarakat biasanya hanya penyebab intinya saja, mengingat ada banyak istilah dan data-data rahasia.

(osd/lif)

0 Comments

Leave a Comment

7 + 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password