BNPB Prediksi Puncak Banjir Jakarta 20 Januari

Covesia.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi banjir melanda Jakarta mencapai puncaknya pada 20 Januari 2015 mendatang. Mengantisipasi kejadian tersebut, BNPB melakukan upaya penguatan yang disebut siaga darurat banjir. Upaya penguatan itu akan dimulai 10-19 Januari 2015.

“Penguatan itu untuk membantu pemerintah DKI Jakarta dalam menghadapi bencana banjir nantinya,” ungkap Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto di Jakarta, Rabu (31/12/2015).

Selanjutnya, kata Tri, masa tanggap darurat banjir untuk daerah Jakarta akan ditetapkan mulai 20-27 Januari 2015. Lalu, 28 Januari-8 Februari 2015 adalah masa transisi darurat banjir menuju pemulihan.

BNPB juga akan membuat 21 titik penguatan dan satu pusat logistik nasional. Diantaranya ada di Monumen Nasional (Monas), tiga di Tangerang dan dua di Bekasi. Titik-titik tersebut diharapkan akan memperkuat upaya Pemda DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan kepada pengungsi.

“Sejak dua bulan lalu, BNPB telah berkoordinasi dengan Pemda DKI dan daerah-daerah yang berpotensi banjir untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Karena Jakarta Banjir, hampir dipastikan juga kawasan pantai utara di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah juga akan banjir,” paparnya.

BNPB juga memprediksi kondisi banjir yang akan terjadi berada pada 307 titik.
Sehingga kekuatan yang dikerahkan juga tak jauh berbeda dengan tahun lalu. “Prediksi kita kondisinya sama seperti tahun lalu,” katanya.

Tri menuturkan, untuk mengatasi bencana banjir dimulai dari tahapan siaga hingga pemulihan. BNPB pun menyiapkan dana untuk penanggulangan bencana sebesar Rp300 miliar. Dana itu diperuntukan bagi daerah yang terkena banjir. “Dana itu bukan untuk Jakarta saja, tapi seluruh daerah yang terkena banjir,” tukasnya.

(hat/lif)

0 Comments

Leave a Comment

15 + ten =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password