Akhir Tahun, Rupiah Kembali Menguat

Covesia.com – Nilai tukar Rupiah diakhir tahun 2014 menguat sebesar 67 poin. Posisi rupiah pada transaksi sore ini menjadi Rp12.365 dibandingkan posisi sebelumnya Rp12.432 per dolar AS.

Kepala riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, mengatakan rupiah menguat karena para pelaku pasar melakukan ‘profit taking’ setelah dolar AS mengalami penguatan dalam beberapa hari terakhir.

“Selain itu, dolar AS mengalami tekanan terhadap mayoritas mata uang di kawasan Asia setelah data tingkat keyakinan konsumen Amerika Serikat yang di bawah perkiraan kalangan analis,” katanya, Rabu (31/12/2014).

Sementara itu, pengamat pasar Bank Himpunan Saudara Rully Nova mengatakan bahwa mata uang rupiah masih berpotensi untuk terus menguat seiring dengan fiskal Indonesia yang saat ini cukup baik.

“Sentimen dari dalam negeri akan menopang laju rupiah ke depannya. Fiskal Indonesia yang masih cukup sehat serta inflasi yang tetap terkendali akan menjadi sentimen positif bagi rupiah,” kata Rully.

Menurut dia, harapan positif bahwa Indonesia masih memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik pada tahun 2015 seiring dengan fokus pemerintah yang akan menggenjot pembangunan infrastruktur, dapat mendorong lembaga pemeringkat menaikkan peringkat investasi Indonesia. (ant/ary)

0 Comments

Leave a Comment

five × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password