Meriam Spirtus Ramaikan Pergantian Tahun di Jakarta

Covesia.com – Dar..der..dor..buammm… terdengar suara mirip petasan skala besar. Dentuman Meriam Spirtus yang terbuat dari paralon berbagai ukuran itu pun terdengar saat malam pergantian tahun di Jakarta. Bunyian ini dikeluarkan dari meriam spirtus buatan Sutrisno warga Cengkareng, Jakarta Barat.

Menurut Sutrisno, semakin besar lingkaran paralon, maka semakin mengelegar pula bunyi yang dihasilkan. “Untuk bahan bakar yang digunakan adalah cairan spirtus. Untuk detonator atau pemantiknya menggunakan magnet korek gas bekas,” ujar Sutrisno kepada covesia.com sambil memegang meriam paralon hasil buatannya di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (31/12/2014) malam.

Sutrisno menambahkan, bunyi yang dikeluarkan meriam spirtus miliknya bisa terdengar hingga radius 100 meter. “Bunyinya sangat keras. Bunyi kembang api atau petasan kalah dengan bunyi meriam ini,” kata Sutrisno.

Menurutnya, meriam ini dibuat sengaja untuk memeriahkan malam pergantiaan tahun di wilayahnya. “Di daerah ini ada sekitar 20 orang yang membuat meriam sejenis ini. Jadi suaranya bersahut-sahutan,” tutur Sutrisno.

Meriam ini, tambah Sutrisno, dianggap tidak berbahaya. Sekalipun demikian, dirinya tidak mengijinkan anak kecil untuk memainkannya. “Tidak bahaya sih, tapi kalau bisa orang dewasa saja yang memainkan meriam ini karena bunyinya sangat menggelegar,” tukas Sutrisno.

0 Comments

Leave a Comment

3 + 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password