Bencana Hidrometeorologi Masih Mendominasi di 2015

Covesia.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi bencana hidrometeorologi masih akan mendominasi terjadi pada 2015. Bencana hidrometeorologi itu berupa banjir, longsor, kekeringan, kebakaran lahan hutan dan puting beliung.

Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandi, melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim penghujan akan berlangsung normal. Namun banjir, longsor dan puting beliung berpotensi terjadi hingga April 2015.

“Puncak banjir dan longsor diprediksi akan terjadi pada Januari hingga Februari mendatang,” kata Sutopo di Jakarta, Kamis (1/1/2015).

Dikatakannya, kebakaran lahan dan hutan selama musim kemarau yang diperkirakan berlangsung pada April hingga Oktober. Kebakaran hutan dan lahan ini berpotensi terjadi di delapan provinsi. Antara lain Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

“Delapan provinsi itu langganan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Untuk bencana kekeringan berpotensi terjadi selama Agustus hingga Oktober. Diprediksi daerah yang dilanda kekeringan di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. “Termasuk juga daerah-daerah yang defisit air,” ujarnya. (hat/bim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password