Perahu Karet Rusak, BPBD Pasbar Hentikan Pencarian Korban

Covesia.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumbar terpaksa menghentikan pencarian 3 orang nelayan yang hilang di perairan Air Bangis. Pasalnya, perahu karet yang merekagunakanrusak sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Sampai malam ini, pencarian 3 orang nelayan yang tenggelam bersama kapal KM Ikan Layar belum membuahkan hasil. Pencarian nelayan sudah berlangsung selama empat hari, namun baru satu orang yang berhasil ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

“Ya benar, anggota kita tidak bisa melanjutkan pencarian lagi, karena perahu karet yang kita gunakan rusak parah. Sehingga tidak bisa dipakai lagi,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Pasaman Barat, Try Wahluyo ketika dikonfirmasi covesia.com, Kamis (1/1/2015).

Saat ini anggota BPBD Pasbar sudah meninggalkan lokasi bencana di perairan Air Bangis. Pencarian akan tetap dilanjutkan besok pagi oleh tim SAR, polisi air dan para nelayan setempat.

“Kita mengharapkan bantuan perahu karet dari BPBD Sumbar untuk melanjutkan pencarian 3 korban nelayan yang hilang. Mudah-mudah BPBD Sumbar bisa membantu dalam pencarian korban,” kata Try Wahluyo.

Tim pencari korban sudah menyisir seluruh lokasi para nelayan mencari ikan, tapi tidak ada menemukan tanda-tanda sedikitpun. Kami tidak ada melihat alat tangkap maupun bangkai kapal yang dihantam gelombang di tengah laut.

Selain itu, tim pencarian nelayan, sudah menyisir laut Pantai Sasak Ranah Pasisia Kabupaten Pasaman Barat dalam beberapa hari ini. Namun belum juga menemukan tanda-tanda kapal tenggelam atau tiga orang nelayan tersebut.

Tiga orang nelayan yang belum ditemukan itu adalah Eri (30) Pian (55) dan Ery (30), ketiga nya merupakan warga Air Bangis. Sejak Rabu lalu hingga pagi ini rumah ketiga korban ramai dikunjugi oleh masyarakat setempat.

Sebelumnya kapal nelayan itu pergi melaut dengan dua buah kapal KM Gurita dan KM Ikan Layar pada Rabu (24/12/2014) lalu ke tengah laut arah selatan pulau Gosong Bide. Setelah sekian lama berlayar, kapal yang kembali ke dermaga hanya KM Gurita. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen + sixteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password