Pesawat Korsel Kembali Bantu Lokalisir Cari AirAsia QZ8501

Covesia.com – Pesawat P-3C Orion milik Korea Selatan kembali lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (2/1/2015). Pesawat tersebut kembali menjalani misi pencarian dan evakuasi terhadap pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang di sekitar Selat Karimata atau sekitar perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsekal Pertama (Marsma) Hadi Tjahjanto mengatakan, pesawat bantuan dari Korea Selatan itu khusus untuk mengetahui posisi badan pesawat AirAsia di dalam laut. “Penerbangan pesawat Orion itu memasuki hari kedua. Pesawat ini difokuskan untuk mengetahui posisi pesawat AirAsia di dalam laut,” kata Hadi kepadacovesiadi Jakarta, Jumat (2/1/2015).

Menurut Hadi, pesawat Orion tersebut memiliki dan mempunyai kelengkapan alat metal detector yang memancarkan sonar untuk mencari keberadaan pesawat AirAsia. “Dengan metal detector itu akan membantu melokasir badan utama pesawat yang hilang,” katanya.

Pesawat Orion itu membawa sembilan awak dalam penerbangan. Termasuk satu orang perwira TNI AU bergabung dalam penerbangan yang bertugas sebagai observer sekaligus penerjemah.

(hat/lif)

0 Comments

Leave a Comment

4 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password