Ribuan Warga Air Bangis Gelar Sholat Gaib

Covesia.com – Ribuan kaum laki-laki di Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat akan melaksanakan sholat gaib pada Jumat (2/1/2015). Sholat gaib itu akan dilaksanakan di seluruh masjid di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Pasaman Barat.

Sholat gaib dilaksanakan terkait dengan hilangnya 3 orang nelayan Air Bangis bersama dengan kapal KM Ikan Layar di tengah laut. Setelah dilakukan pencarian selama satu minggu oleh tim SAR, BPBD Pasbar, polisi air dan nelayan, tapi tidak membuahkan hasil.

“Kita melaksanakan sholat gaib, karena pencarian sudah dilakukan semaksimal mungkin. Saat ini pencarian secara khusus sudah dihentikan. Diperkirakan ada sekitar 5 ribu orang yang akan melaksanakan sholat gaib,” kata Camat Sungai Beremas, Pasaman Barat, Yaswirman ketika ditanya covesia.com, Jumat.

Sholat gaib akan dilaksanakan di 8 unit mesjid di Nagari Air Bangis. Pelaksanaan sholat gaib akan dilaksanakan setelah sholat Jumat.

“Kita telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh pengurus masjid agar memberitahukannya kepada masyarakat untuk melaksanakan sholat gaib,” kata Yaswirman.

Menurut Yaswirman, pencarian 3 orang nelayan yang hilang bersama kapal KM Ikan Layar di laut Air Bangis sudah dihentikan atas kesepakatan bersama tokoh masyarakat dan pihak keluarga korban.

Meskipun demikian, para nelayan masih melakukan pencarian. Namun tidak secara khusus lagi. “Kita menghimbau kepada nelayan, kalau ada menemukan hal-hal yang mencurigakan seperti, serpihan kapal atau lainnya agar segera melaporkan kepada pihak yang berwajib,” ujarnya.

Tiga orang nelayan yang belum ditemukan itu adalah Eri (30) Pian (55) dan Ery (30), ketiga nya merupakan warga Air Bangis. Sejak Rabu lalu hingga pagi ini rumah ketiga korban ramai dikunjugi oleh masyarakat setempat.

Sebelumnya, dua buah kapal nelayan Air Bangis dengan merek KM Gurita dan KM Ikan Layar pergi melaut mencari ikan pada Rabu (24/12/2014) lalu ke tengah laut arah selatan Pulau Gosong Bide. Setelah sekian lama berlayar, kapal yang kembali ke dermaga hanya KM Gurita. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen − 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password