Kota Padang Peringkat 9 Inflasi di Sumatera

Covesia.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat selama tahun 2014 tingkat inflasi yang dialami Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat sebesar 2,66 persen.

Kota Padang yang menempati peringkat 9 inflasi terbesar dari 23 kota di Sumatera ini, mengalami inflasi disebabkan oleh Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 122,76 pada bulan November 2014 menjadi 126,03 pada bulan Desember 2014.

“Ini terjadi karena adanya peningkatan indeks seluruh kelompok pengeluaran seperti bahan makanan sebesar 1,75 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,69 persen,” kata Yomin Tofri Kepala BPS Sumbar kepada covesia.com, Jumat (2/1/2015).

Selain itu peningkatan indek kelompok perumahan, air, listrik, gas, bahan bakar, sandang, kesehatan, pendidikan, rekreasi, olahraga, transportasi, komunikasi dan jasa keuangan juga turut menyumbang peningkatan inflasi tersebut.

Yomin juga menambahkan sektor transportasi merupakan penyumbang inflasi tersebesar di Kota Padang, hal ini diakibatkan dari dampak kenaikan BBM November lalu. (fda/bim)

0 Comments

Leave a Comment

12 + five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password