Basarnas Prioritaskan Pencarian Badan Pesawat di Lokasi Seluas 1.575 Mil

Covesia.com – Tim evakuasi Badan SAR Nasional (Basarnas) memfokuskan pencarian badan pesawat AirAsia QZ-8501 yang jatuh di Selat Karimata, Kalimantan Tengah, di areal lokasi seluas 1.557 mil dari 15.500 km persegi target pencarian.

“Dari searching area kurang lebih 13.500 persegi tersebut, hari ini kita juga menetapkan sektor prioritas seluas 1.575 square nautical miles untuk mencari badan pesawat,” ujar Kepala Basarnas Marsekal Muda F Henry Bambang Soelistyo, Jumat (2/1/2015).

Meski demikian, dilanjutkannya, target utama dalam melakukan pencarian pesawat yang dilakukan pihaknya di sektor prioritas saat ini, tidak akan mengabaikan 3 sektor lainnya.

“Hari ini kita melakukan pencarian di empat sektor, dengan demikian walau kita prioritaskan pencarian badan pesawat di sektor prioritas, namun hal tersebut tidak mengabaikan sektor lain,” tambahnya.

Di samping itu, Ia menjelaskan, dalam melakukan pencarian di sektor prioritas utama itu, pihaknya akan menggunakan empat kapal dari Indonesia maupun Luar Negeri yang mempunyai sistem pencarian bawah permukaan laut.

“Kita mengerahkan KRI penyapu ranjau, kapal riset Baruna Jaya I, kapal Geo Survey dari Asosiasi Kontraktor Survey Laut Indonesia, dan kapal RSS Persistence dari Singapura untuk mencari badan pesawat dan black box,” katanya lagi. (adi)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen + 11 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password