Inilah Rancangan Ban Mobil Masa Depan

Covesia.com – Inovasi teknologi mobil masa depan sedang gencar dilakukan oleh produsen mobil. Namun, belum banyak inovasi yang berkaitan dengan ban. Oleh karena itu, produsen ban Korea, Hankook, sedang mencoba menciptakan konsep ban untuk mobil masa depan.

Hankok pun bekerja sama dengan University of Design, Engineering and Business di Pforzheim, Jerman. Dalam kerja sama ini, Hankok mengadakan kompetisi internasional desain ban masa depan yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas. Konsep pemenangnya tersebut baru saja diumukan di Essen Motor Show.

Dilansir Covesia dari situs Hankok, Jumat (2/1/15), secara umum, konsep ban masa depan harus mengatasi faktor-faktor seperti mengurangi jumlah bahan baku yang diperlukan untuk produksi, recyclability, bergulir efisiensi, dan “kepatuhan terhadap target kinerja tertentu”. Apa saja itu?

Pertama, konsep Dakar yang didesain oleh Samir Sadikov. Konsep ini ditujukan untuk mobil balap yang dapat melaju di lintasan on dan off road. Ban ini terbuat dari karet khusus yang tersusun seperti blok dan berpola heksagonal. Kelebihannya, ban ini dapat meredam guncangan selama perjalanan. Lalu, jika satu blok bagian tertusuk benda tajam, maka pengguna dapat mengganti bagian yang tertusuk tanpa harus mengganti seluruh ban.

Konsep kedua adalah Vent Tyrus oleh Andreas Hartl. Dalam desain ini, terdapat ventilasi khusus di permukaan ban. Ban ini ditujukan untuk jalanan basah. Konsep ini merupakan gabungan beberapa tapak yang memiliki kedua bagian karet kokoh.

Ketiga, konsep “Konzept Winter” oleh Lucia Lee. Sesuai namanya, ban ini ditujukan untuk medan bersalju. Ban yang memiliki 14 engsel poliuretan ini dapat mengembang dan meninggi ketika mobil melewati jalan bersalju sehingga risiko slip dapat diatasi.

Anda juga dapat melihat demo desain ini pada situs Hankok Tyre Design Challange.

(osd/zik)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen + seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password