Sepanjang 2014, Tercatat 301 Kasus Bunuh Diri di Jateng

Covesia.com – Kepolisian Daerah Jawa Tengah mencatat 301 kasus bunuh diri terjadi di berbagai wilayah di Jawa Tengah sepanjang tahun 2014.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes, Liliek Darmanto di Semarang, Jumat, (2/1/2014) mengatakan, saat ini, terdapat penurunan kasus bunuh diri dibanding 2013 lalu.

“Pada 2013 terjadi 340 kasus bunuh diri,” ujarnya. Menurutnya, ada beberapa hal yang memicu terjadinya peristiwa bunuh diri.

Penyebab paling dominan terjadinya bunuh diri yang kami temui selama ini, diakibatkan oleh depresi karena berbagai persoalan hidup, ungkap Liliek.

“Banyak persoalan hidup, seperti masalah ekonomis, rumah tangga, penyakit yang tidak kunjung sembuh, dan sebagainya,” terangnya.

Adapun cara yang dilakukan untuk mengakhiri hidup, kata dia, di antaranya dengan gantung diri atau meminum racun.Ia menuturkan ancaman depresi di masyarakat tersebut menjadi salah satu keprihatinan tersendiri.

Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat terkait kondisi tersebut sehingga bisa saling mendukung langkah pencegahan jika ada seseorang yang akan bunuh diri, pungkasnya.(job/ant)

0 Comments

Leave a Comment

five × 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password