Umumkan Tiga Recall, Tahun Baru General Motors Tidak Meriah

Covesia.com – Tahun baru bagi General Motors tidak terlalu meriah sebab mereka harus mengumumkan penarikan tiga mobil pada Kamis waktu setempat akibat masalah kontak starter yang terus menghantui pabrikan itu setelah jutaan unit juga sebelumnya sudah ditarik pada 2014.

Sebetulnya belum ada laporan kecelakaan maupun cedera terkait dengan penarikan 83.572 unit SUV dan truk pickup mereka, namun GM memperkirakan kurang dari 500 unit terdampak kecacatan produksi, yakni aktuator kunci starter dengan diameter luar yang melebihi spesifikasi.

Namun demikian, masalah ini tak ayal menghantui para konsumen dan tentunya investor.

Permasalahan sistem starter juga berada di balik penarikan besar-besaran pada 2014 oleh GM, yang tertatih-tatih membangun kembali reputasi mereka setelah kebangkrutan pada 2009.

Penarikan kendaraan itu menghantam harga saham GM, yang jatuh 14,6 persen selama 2014, sementara pesaing mereka Ford Motor justru mengalami kenaikan 0,5 persen.

GM menarik lebih dari 2,5 juta unit pada 2014 setelah sejumlah kecelakaan yang menewaskan sedikitnya 40 nyawa. Program kompensisasi yang menerima klaim hingga 31 Januari telah mencatat pengajuan lebih dari 2.200 klaim untuk cedera dan kematian akibat malfungsi produk itu, demikian Reuters.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

6 + 18 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password