KRI Bung Tomo Merapat ke Lokasi Penemuan Badan Pesawat

Covesia.com – Menindaklanjuti penemuan dua objek berukuran besar di lokasi pencarian badan pesawat AirAsia QZ-8501 yang jatuh di Selat Karimata, Kalimantan Tengah, Badan SAR Nasional (Basarnas) mengirimkan KRI Bung Tomo yang memiliki sonar ke titik pencarian.

Penemuan objek yang diawali dari laporan pesawat TNI-AU C130 tersebut langsung dievaluasi dan dikonfirmasi oleh Basarnas, untuk melakukan langkah evakuasi terhadap dua objek tersebut.

“Berdasarkan temuan genangan bahan bakar di permukaan pada Jumat (2/1/2015) malam, tiga kapal yang mempunyai kemampuan deteksi bawah laut terus beroperasi di sektor prioritas. Hasilnya, pukul 23.40 WIB, berhasil dideteksi dua objek cukup besar,” ujar Kepala Basarnas, FH Bambang Soelistyo dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (3/1/2015).

Diterangkannya, objek pertama, berdimensi 9.2 x 4.6 x 0.5 meter (dengan 3D) dan objek kedua berdimensi 7.2 x 0.5 meter (dengan 2D). Kedua objek tersebut ditemukan berdekatan di kedalaman laut 30 meter.

Untuk lebih memastikan temuan tersebut, saat ini kapal Geo Survey sedang mengupayakan untuk mendapatkan visual dari dua objek yang disebutkan dengan menurunkan remotely operated vehicle (ROV).

Ditambahkannya, penemuan dua objek berukuran besar di sektor prioritas pencarian badan dan kotak hitam pesawat ini, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan atas temuan-temuan sejak hari ke-1 operasi pencarian. (adi/bim)

0 Comments

Leave a Comment

three × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password