Look At Me, Aplikasi Samsung Bantu Anak Autis

Covesia.com – Samsung merilis sebuah aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan anak-anak yang menderita autisme dengan menghadirkan fitur menyenangkan dalam smartphone.

Aplikasi yang bernama "Look At Me" ini yang dikembangkan oleh psikiater klinis dari Seoul National University dan Yonsei University, di Korea Selatan ini dibuat untuk membantu anak autis berkomunikasi.

Sebenarnya, orang yang terserang gangguan autis tidak memiliki masalah dalam berinteraksi dengan perangkat elektronik seperti smartphone. Saat ini, lebih dari 60 juta orang menderita autisme di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut membuat banyak dari mereka yang terkena dampak minimnya keterampilan sosial dasar.

Karena itu, melalui aplikasi Look At Me, anak-anak autis dapat mempertahankan kontak mata dan menyampaikan emosi melalui serangkaian "misi," seperti dalam permainan. Dengan demikian, alat ini dapat meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang tumbuh dengan kondisi autisme dan membantu mengembangkan keterampilan sosial dasar.

Aplikasi ini menggunakan kamera smartphone. Caranya adalah menempatkan pengguna melalui serangkaian merangsang titik-titik berbasis misi. Setiap misi berfokus pada tujuan tertentu, baik itu mengenali emosi orang lain melalui pengenalan wajah dan membantu anak untuk mengekspresikan perasaan mereka sendiri dengan meniru emosi disampaikan pada aplikasi.

"Selama delapan minggu, enam puluh persen dari anak-anak yang diuji menunjukkan perbaikan dalam membuat kontak mata. Mereka juga bisa mengidentifikasi ekspresi emosi seperti kebahagiaan, kejutan dan ketakutan," kata Kyong-Mee Chung, Profesor di Universitas Yonsei, dilansir Covesia dari situs resmi LG, Sabtu, (3/1/15).

Look At Me tersedia dari Google Play Store secara gratis. Pengguna tidak harus memiliki perangkat Samsung untuk memanfaatkan aplikasi ini.

(osd/zik)

0 Comments

Leave a Comment

18 − four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password