Hari ke-7, Basarnas Kerahkan 14 Unit Pesawat dan 26 Kapal

Covesia.com – Memasuki hari ketujuh pencarian dan operasi evakuasi korban AirAsia QZ-8501, Kepala Basarnas Marsdya F Henry Bambang Soelistyo menyampaikan, tim gabungan di bawah komando Basarnas telah mengerahkan armada yang cukup besar dalam pencarian AirAsia QZ-8501.

Armada tersebut menurut Soelistyo terdiri atas 14 unit pesawat terbang dan 26 kapal laut. Ia menjelaskan jika jumlah yang cukup besar tersebut juga merupakan berkat dukungan dari beberapa negara sahabat.

“Untuk kapal saja yang dari dalam negeri kita ada 16 kapal laut yang sudah fix beroperasi disana. Dan ada 10 dari negara-negara sahabat kita, jumlah total 26 unit,” ujar Marsdya F Henry Bambang Soelistyo.

Di luar kekuatan armada yang telah dipaparkan, Soelistyo mengatakan, setelah Rusia mengirimkan pesawat BE 200 IL-76 berteknologi tinggi, Amerika, Jepang dan Singapura pun ikut menurunkan armada terbaiknya.

“Ada satu kapal US Force, dan 2 kapal Jepang, dan 1 Kapal Singapura juga ikut beroperasi dengan kita. Bantuan ini sangat baik untuk proses operasi di lapangan,” ucapSoelistyosetelah konference pers di kantor pusat Basarnas Sabtu (3/1/2015) malam di Jakarta.

Khusus untuk kapal-kapal yang tidak dilengkapi sensor magnetik kita arahkan untuk fokus mencari korban dan puing pesawat. Sedangkan untuk kapal yang dilengkapi sensor magnetik Soelistyo mengatakan akan memfokuskan mereka untuk mencari Black Box AirAsia QZ-8501.

Dalam pencarian hari ini Soelistyo mengatakan, kapal RSS Presristance Sinagapura telah menemukan tas berwarna Oranye ukuran 60 x 30 centimer, serta serpihan Papan Board Pesawat. (pjr/bim)

0 Comments

Leave a Comment

nineteen − twelve =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password