Pansel Laporkan 6 Calon Hakim Konstitusi ke Jokowi

Covesia.com-Panitia Seleksi (Pansel) Hakim Konstitusi dari unsur pemerintah yang dipimpin, Saldi Isra, hari ini akan melaporkan hasil kerjanya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), di kantor Presiden.

Pansel akan melaporkan nama calon hakim konstitusi yang direkomendasikan untuk menggantikan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dari unsur pemerintah, Hamda Zoelva, yang akan berakhir masa tugasnya pada Selasa (6/1) besok.

Dilansir setkab.go.id, pada seleksi sebelumnya, pada tahap pertama telah terpilih 15 nama calon hakim konstitusi, termasuk Ketua MK Hamdan Zoelva yang pencalonannya didukung oleh sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM). Namun Hamdan memilih tidak mengikuti seleksi Pansel dengan alasan ia sudah mengikutinya pada tahun 2010, dan saat ini masih menjabat sebagai Ketua MK.

“Saya sepenuhnya menyerahkan kepada panitia seleksi dan Presiden Republik Indonesia untuk mengajukan atau tidak mengajukan saya sebagai hakim konstitusi untuk masa selanjutnya dengan mendasarkan dengan rekam jejak dan kinerja saya selama menjadi hakim konstitusi dalam kurun waktu 5 tahun ini, dan juga selama saya menjadi ketua Mahkamah Konstitusi,” kata Hamdan di Jakarta, Senin (22/12).

Namun menurut Ketua Pansel Hakim Konstitusi dari unsur pemerintah, Saldi Isra, dengan penolakannya mengikuti tahapan seleksi itu, maka Hamda Zoelva tidak akan bisa mengikuti proses seleksi selanjutnya untuk diajukan sebagai Hakim MK dari unsur pemerintah.

“Tahapan itu serangkai, mulai administratif, wawancara tahap pertama, dan wanwancara tahap kedua. Yang lolos ke tahap-tahap berikutnya orang yang mengikuti tahap-tahap itu,” jelas Saldi Isra.

(lif)

0 Comments

Leave a Comment

2 + 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password