Palestina Adukan Israel ke ICC Atas Tuduhan Genoisida

Covesia.com – Palestina akan mengajukan kejahatan Isarel selama musim panas 2014 dan konflik gaza ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

Pada 2 Januari, Palestina mengajukan permintaan resmi untuk bergabung dengan organisasi yang berbasis di Den Haag, Belanda, tersebut sehingga memberi peluang bagi Palestina untuk mengajukan gugatan terhadap para pejabat Israel atas dugaan kejahatan perang di wilayah pendudukan.

ICC dapat mengadili tokoh-tokoh yang dituduh melakukan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang yang dilakukan sejak 1 Juli 2002, ketika Konvensi Roma mulai berlaku.

Jika proses pengajuan keanggotaan tersebut berjalan sesuai rencana, Palestina semestinya dapat mengajukan kasus pada awal April mendatang, dengan persiapan hukum yang sudah berjalan dengan baik.

Shawan Jabarin, direktur organisasi HAM Al-Haq yang berbasis di Ramallah, mengatakan Palestina memutuskan untuk mengajukan gugatan atas tindakan Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang dimulai pada 13 Juni 2014.

Itu merupakan tanggal ketika Israel mulai melakukan operasi besar-besaran di Tepi Barat pascapenculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel yang memicu serangkaian peristiwa dan agresi Israel di Gaza selama tujuh pekan yang menewaskan hampir 2.200 warga Palestina dan 73 orang di pihak Israel.

(ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

nineteen + 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password