Kemenhub Tindaklanjuti Kasus Penyalahgunaan Narkoba Pilot AirAsia

Covesia.com – Kasus dugaan penggunaan narkoba oleh pilot maskapai AirAsia QZ7501 rute Jakarta – Bali terus ditindak lanjuti oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pilot berinisial FI itu menjalani pemeriksaan lanjutan oleh Balai Kesehatan Penerbangan serta Direktorat Kelaikan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta.

Staf Khusus Menteri Perhubungan (Menhub) Hadi M Djuraid mengatakan, pemeriksaan lanjutan itu berupa tidak hanya menyangkut tes urine yang telah dilakukan.

Pemeriksaan itu berupa cek melalui darah dan rambut di laboratorium balai kesehatan Kemenhub. “Pemeriksaan lanjutan sudah dilakukan pada Jumat (2/1/2015) lalu di Jakarta. Untuk hasilnya baru dapat diketahui dalam satu atau dua hari mendatang,” ungkap Hadi saat dihubungicovesiadi Jakarta, Senin (5/1/2015).

Meskipun ada hasil pemeriksaan, Hadi menuturkan pilot AirAsia yang terindikasi positif narkoba itu dilarang untuk menerbangkan pesawat. Larangan tersebut berlaku sampai ada hasil pemeriksaan. “Sampai saat ini pilot tersebut dilarang terbang sampai waktu yang belum ditentukan. Minimal ada hasil pemeriksaan yang menyatakannya negatif dari narkoba,” tuturnya.

Beberapa waktu lalu pihak maskapai AirAsia menyatakan FI masih dalam perawatan medis. Sebab, FI sedang sakit dan mengonsumsi obat dokter yang komposisinya mirip narkoba. “Kita menyatakan yang bersangkutan positif narkoba karena dua kali dilakukan tes, hasilnya tetap positif. Makanya harus dibuktikan, tidak bisa dengan statemen saja,” tegasnya.

Diketahui, pilot FI menerbangkan pesawat AirAsia QZ7501 dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta tujuan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (1/1/2015). Pesawat tersebut mendarat pukul 08.50 WIT dan FI akan kembali terbang ke Jakarta pada pukul 09.20 WIT. Namun sebelum berangkat, pihak bandara melakukan tes urine terhadap sejumlah pilot dan FI dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis morfin.

(hat/lif)

0 Comments

Leave a Comment

1 × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password