Waspadai Kawin Kontrak, Imigran Harus Diberi Indentitas Khusus

Covesia.com – Sistem kawin kontrak yang biasa dilakukan oleh para imigran yang berada di Kota pekanbaru, Provinsi Riau perlu diwaspadai.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) Pekanbaru meminta kepada Kantor Imigrasi Kelas I untuk memberikan identitias khusus bagi imigran ilegal tersebut.

Kepala Kemenag Pekanbaru, Edwar S Umar, mengatakan bahwa dengan jumlah imigran yang mencapai hampir sekitar 500 orang, akan sulit untuk membedakan mereka jika tidak ada identitas khusus.

“Dengan identitas tersebut diharapkan seluruh pihak terkait bisa mengawasi pergerakan para imigran tersebut,” katanya seperti dilansir goriau.

Berdasarkan data Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru pekan terakhir tahun 2014, ada sekitar 553 imigran yang menyerahkan diri. Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) yang ada saat ini penuh dan terpaksa para imigran ditempatkan pada beberapa wisma penampungan yang membaur dengan masyarakat.

Hal ini menjadi masalah baru karena para imigran yang berasal dari 3 negara yakni Afghanistan, Iraq dan Pakistan ini sudah menyentuh fasilitas umum.

“Kondisi mereka yang bebas dan sangat leluasa berbaur dengan masyarakat dikhawatirkan memberikan dampak negatif negatif nantinya,” kata tegas. (ryv/ary)

0 Comments

Leave a Comment

one × 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password