Ini Alasan Jaksa Agung Tunda Eksekusi Terpidana Mati

Covesia.com – Jaksa Agung Republik Indonesia H M. Prasetyo menegaskan jika memang aspek yuridis para terpidana mati sudah selesai eksekusi pun bisa dilaksanakan.

“Tidak ada alasan kami untuk menunda eksekusi terpidana mati. Kita masih menunggu aspek hukumnya selesai. Aspek yuridis membuat eksekusi tertunda,” ujar M. Prasetyo di Kejaksaan Agung Jakarta, Senin (5/1/2015).

Menurut Jaksa Agung, akhir tahun lalu memang pihak Kejaksaan Agung berencana akan mengeksekusi enam terpidana mati. Namun ditunda karena ada terpidana yang meminta PK. “Ada dua terpidana mati yang tengah ditahan di Lapas Batam yang mengajukan Peninjauan Kembali (PK) per 15 Desember 2014,” tegas Prasetyo.

Untuk terpidana mati yang berasal dari negara asing, kata Prasetyo, pihaknya akan berkordinasi dengan pihak kedubes negara yang bersangkutan. “Kita akan memberitahu kepada kedubes negara tersebut perihal adanya warga negaranya yang akan di eksekusi mati,” kata Jaksa Agung.

Enam terpidana mati yang akan segera di eksekusi adalah GS dan TJ yang ditahan di lapas Pulau Nusakambangan atas kasus pembunuhan berencana dan empat terpidana mati kasus narkotika yakni PL, AH, ND dan MACM.

(ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

11 − 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password