Gunung Soputan Meletus, Gunung Sinabung Masih Potensi Erupsi

Covesia.com – Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan terjadinya letusan Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut). Letusan gunung tersebut terjadi, Selasa (6/1/2015) sekitar pukul 02.47 WITA.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hasil pengamatan visual dari Pos Pengamatan Gunungapi Soputan di Desa Silian Tiga teramati kolom letusan berwarna kelabu tebal kehitaman dengan tekanan kuat. Estimasi ketinggian kolom letusan mencapai 6.500 meter di puncak Gunung Soputan

“Saat letusan, angin condong ke arah timur-tenggara. Aliran lava teramati mengarah ke lereng Barat-Baratdaya sekitar 2.000 meter dari puncak Gunung Soputan. Status tetap Siaga (level 3) radius steril 6,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan. Belum perlu ada pengungsian dan kondisi masyarakat normal serta tetap beraktivitas seperti biasa,” terang Sutopo kepada covesia.com, Selasa (6/1/2015) di Jakarta.

Selain Gunung Soputan, aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi dan berpotensi terjadinya erupsi. Tak hanya itu, tampak juga luncuran awan panas dari gunung tersebut. “Masyarakat diminta tetap mentaati rekomendasi dari PVMBG,” ujarnya.

Gunung lainnya yang terus dipantau adalah Gunung Slamet di Jawa Tengah. Gunung tersebut telah diturunkan statusnya menjadi Waspada (level 2) dari Siaga (level 3) sejak 5-1-2015 pukul 16.00 WIB. “Karena terjadi penurunan aktivitas vulkanik dan seismisitasnya,” kata Sutopo. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

twelve − twelve =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password