Pemkab Pasbar Hanya Subsidi Orang Mampu

Covesia.com – Rute penerbangan dari Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar – Pekan Baru Provinsi Riau dengan pesawat Susi Air perlu ditinjau ulang. Pasalnya, pemerintah telah mensubsidi orang mampu dan bukan orang yang tidak mampu.

“Subsidi dari dana pemerintah itu seharusnya untuk orang yang tidak mampu, sementara kenyataannya orang yang naik pesawat itu adalah orang yang mampu,” kata anggota DPRD Sumatera Barat, Zulkenedi Said ketika dikonfirmasi covesia.com, Selasa (6/1/2015).

Menurut politisi partai Golkar ini, penerbangan rute Pasbar-Padang selama enam bulan lalu perlu juga dievaluasi. Berapa tingkat frekuensi penumpang yang naik pesawat Susi Air. Lalu siapa yang naik pesawat tersebut.

“Kalau mayoritas pejabat yang naik pesawat itu, maka hal ini sudah menyalahi. Karena pemerintah sudah mensubsidi orang mampu dan pejabat. Ini sudah terjadi karena pejabat itu mempunyai anggaran perjalanan, dan tidak perlu disubsidi lagi,” tegasnya.

Dijelaskannya, dana yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat untuk Susi Air sebesar Rp1 Miliar tidak banyak dinikmati oleh masyarakat. Hanya segelintir orang, dan sudah pasti tidak bisa dirasakan oleh masyarakat ekonomi lemah. Sebab yang mampu naik pesawat itu hanyalah orang kaya.

“Jadi saya menilai, subsidi ini tidak efesien dan bisa melakukan pemborosan uang daerah,” sebut Zulkenedi Said. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

2 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password