Titik Longsor Banjarnegara Ditemui Adanya Aliran Air Bawah Tanah

Covesia.com – Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tim ahli dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), pasca musibah tanah longsor yang menimpa wilayah Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara Desember lalu, tepat dititik gerakan tanah longsor ditemui aliran air dalam tanah.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengungkapkan hal ini dibuktikan dengan adanya mata air gawir, aliran air bawah tanah mengalir melalui rekana dan atau bidang terlemah pada lereng bukit yang longsor. Untuk kemiringan lereng di bukit tersebut kurang dari 60 persen, namun saat kejadian, mahkota longsor berada pada kemiringan lereng 60 hingga 80 persen.

Disamping itu, uajr Sutopo, temuan dari tim ahli LIPI juga menguatkan bahwa materi penyusun bukit Telaga Lele di Dusun Jemblung tersebut merupakan endapan vulkanik tua sehingga solum atau lapisan tanah cukup tebal dan terjadi pelapukan.

“Selain itu ditambah lagi untuk tanaman di atas bukit tempat terjadinya longsor merupakan tanaman semusim, dengan jenis palawija, yang tidak rapat, sehingga berakibat pada kondisi tanah menjadi longgar dan mudah terbawa air,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima covesia, Selasa (6/1/2015).

Diketahui sebelumnya, musibah tanah longsor di Banjarnegara ini sedikitnya menelan korban meninggal sebanyak 95 jiwa , 13 orang lainnya hilang, lima luka berat dirawat di RSUD Banjarnegara, Sembilan luka ringan dan ribuan warga terpaksa mengungsi di tempat yang lebih aman.

Proses penanganan darurat yang menimbun 105 unit rumah beserta lahan sawah dan perkebunan masyarakat itu, awalnya sempat terkendala, dikarenakan pada saat itu kondisi tanah masih labil, debit sungai mengalir kencang membawa lumpur, hujan yang terjadi berpotensi memicu longsor susulan, serta beberapa jalan masih tertutup longsor dan jalan retak‐retak.

(anr/lif)

0 Comments

Leave a Comment

6 − 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password