BNN Sudah Pantau Kelompok Wong Ching Ping Sejak 2012

Covesia.com – Kepala Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Pol Sumirat Dwiyanto menyatakan, sindikat narkoba internasional kelompok Wong Ching Ping alias WCP sudah dipantau sejak 2012 oleh intelijen BNN. Selama ini kelompok WCP menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu melalui jalur laut.

“Sudah lama kita pantau, tapi karena kondisi cuaca dan ombak besar mereka tidak berhasil. Baru kemarin mereka berhasil menyelundupkan narkoba melalui pelabuhan menggunakan kapal besar dari Kepulauan Seribu,” kata Sumirat kepadacovesiadi Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Setelah melalui kapal besar, kata Sumirat, sabu-sabu tersebut lalu diangkut menggunakan kapal nelayan. Setelah berlabuh, barulah narkoba itu diangkut dan dibawa dengan mobil boks untuk siap diedarkan ke berbagai tempat. “Tiga orang warga negara Hongkong siap menunggu. Sabu-sabu itu segera berpindah tangan kalau tidak segera ditangkap,” katanya.

Dijelaskan Sumirat, dari kesembilan tersangka itu diketahui peranan WCP sebagai pengendali. Sedangkan lainnya bertindak sebagai pengedar dan kurir sehingga sudah membentuk sebuah sindikat. Sehingga jaringan WCP ini dikenal licin dan menjadi buruan kepolisian di tujuh negara.

“Diharapkan dengan terungkapnya jaringan ini dapat memutus mata rantau sindikat peredaran sabu-sabu Indonesia dan Hongkong,” tandas Sumirat.

(hat/lif))

0 Comments

Leave a Comment

12 − nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password