BMKG : Sumbar Diguyur Hujan Hingga Desember 2014

BMKG  Sumbar Diguyur Hujan Hingga Desember 2014 Hujan lebat melanda Sumbar. (Muhammad Fitrah/covesia.com)

Padang Pariaman - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau, Padang Pariaman Sumatera Barat memperkirakan musim hujan yang melanda provinsi itu terjadi hingga pertengahan Desember 2014.

"Pertengahan Desember diperkirakan puncak musim hujan di Sumbar dengan intensitas bervariasi mulai hujan sedang hingga lebat," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Budi Samiaji.

Secara umum cuaca cerah hingga berawan pada pagi hari, kemudian hujan ringan hingga sedang maksimal tiga jam pada sore hingga malam hari. Kondisi tersebut hampir merata di wilayah pesisir pantai, Kota Padangpanjang, Bukittinggi, Solok, Batusangkar, Sawahlunto, dan Payakumbuh.

Hingga Sabtu (1/11) diperkirakan terjadi potensi hujan lebat pada sore hari di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, dan Tiku (Agam) dan kecepatan angin dari Tenggara menuju Barat Laut hingga Utara diperkirakan mencapai maksimum 40 kilometer per jam.

Sedangkan tinggi gelombang laut di perairan Mentawai maksimum mencapai 1,5 meter dan perairan Barat Mentawai maksimum 2 meter. Untuk kelembaban udara cukup tinggi di sebagian wilayah Sumatera, kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dan atau puting beliung yakni di Sumbar bagian selatan. (ant/rud)

Berita Terkait

Baca Juga