Kritikan Diterima, Rute Pasbar-Pekanbaru Tetap Dibuka

Covesia.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi dan terimakasih kepada masyarakat dan kalangan LSM yang memberikan kritikan terhadap rencana penerbangan rute dari Pasaman Barat menuju Pekanbaru, Riau. Pemerintah tetap memantau berbagai masukan dan kritikan masyarakat, baik di media online maupun di facebook.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Pasbar dan perantau yang memberikan kritikan. Semuanya kita catat sebagai masukan. Kita juga mengucapkan terimakasih kepada covesia.com yang memantau penerbangan Pasbar,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Bobby P. Riza, S.STP, M.Si kepada covesia.com, Selasa (6/1/2015).

Menurut Boby, terkait dengan rute penerbangan Pasbar-Pekanbaru saat ini sedang dalam tahap pematangan dan menunggu pengesahan anggaran oleh Gubernur Sumbar. Ia juga meluruskan informasi yang berkembang bahwa Pemkab Pasbar memberikan subsidi Rp 1 miliar. “Ini namanya dana sharing, bukan subsidi jadi bebas untuk siapa saja,” katanya.

Dengan dana yang dikucurkan Pemkab Pasbar tahun lalu sekitar Rp600 juta ternyata mempunyai dampak yang besar bagi Kabupaten Pasaman Barat. Buktinya, pada tahun 2015 Pemkab Pasbar mendapat dana subsidi dari pemerintah pusat sekitar Rp 2 miliar.

“Artinya kita sudah berhasil mendapatkan dana dari pusat untuk penerbangan di Pasbar. Makanya tahun ini kita anggarkan Rp 1 miliar lagi dari APBD Pasbar untuk rute Pasbar-Pekanbaru, dan kita berharap hal serupa terjadi 2016. Artinya pemerintah pusat bantu lagi Pemkab Pasbar untuk rute Pekanbaru,” ujar Bobby.

Dijelaskannya, soal target penumpang dari evaluasi 4 bulan beroperasinya Susi Air rute Padang-Pasbar penumpangnya 40 persen dari 12 kursi. Ini sudah luar biasa dan sangat menjanjikan ke depannya.

“Mentawai saja, sudah 2 tahun berjalan belum sampai pencapaian penumpang 40 persen. Kita baru 4 bulan sudah mampu pencapaian penumpang 40 persen,” kata Bobby. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

one × 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password