Agus Susanto: Penerbangan ke Pekanbaru Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Covesia.com – Anggota DPR RI, Agus Susanto menilai rencana Pemkab Pasaman Barat, Sumbar membuka rute penerbangan Pasbar-Pekanbaru, Riau sangat bagus. Sebab akan berdampak besar bagi ekonomi masyarakat setempat, sirkulasi perdagangan akan semakin meningkat.

“Kita sangat apresiasi rencana Pemkab Pasaman Barat membuka rute Pasbar-Pekanbaru tahun ini. Ide ini sangat bagus, dan berdampak besar nantinya pada ekonomi masyarakat,” kata anggota DPR RI, Agus Susanto ketika ditanya covesia.com, Selasa (6/1/2015).

Menurut Sekretaris PDI Perjuangan Sumbar ini, dengan adanya rute penerbangan pesawat Susi Air ke Pekanbaru maka aktivitas ekonomi Pasbar akan semakin tinggi. Masyarakat akan cenderung memilih naik pesawat dari pada mobil kalau pergi ke Pekanbaru.

Sebab, naik mobil membutuhkan waktu sedikinya 10 jam perjalanan. Tapi kalau naik pesawat hanya butuh waktu satu jam. “Selain Pasbar-Pekanbaru, ada baiknya kedepan dipikirkan pula rute Pasbar-Medan. Karena kedua rute itu pasti mempunyai dampak ekonomi yang bagus,” ujar Agus Susanto.

Memang saat ini kalau dari segi Pendapatan Asli Daerah belum mempunyai dampak bagi pemerintah daerah. Sebab masih baru berdiri dan perlu landasan-landasan hukum nantinya untuk mengatur hal itu. Tapi dampak ekonomi, ia yakin akan berpengaruh tajam nantinya.

Kalau soal, adanya pesawat lain yang tutup rute Padang-Pekanbaru memang diakui karena pesawat tersebut besar dengan jumlah kursi 200 lebih. Tentu mempunyai operasional yang besar pula.

Tapi kalau pesawat Susi Air hanya mempunyai 12 bangku atau penumpang. Tentu akan lebih sedikit biaya operasionalnya. Ia yakin dan optimis penerbangan ini nanti akan semakin bagus dan berdampak baik untuk masyarakat Pasbar.

“Kita menyarankan ke depan, kalau sudah kondusif penerbangan rute Pekanbaru-Pasbar atau sebaliknya. Supaya subsidi dari pemerintah daerah tiada lagi. Kalau saat ini tidak ada masalah operasional tersebut disubsidi,” kata putra Ujung Gading, Pasaman Barat ini. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

1 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password