Tim SAR Masih Terkendala Cuaca Buruk Evakuasi AirAsia

Covesia.com – Memasuki hari ke-10 operasi pencarian korban dan bangkai pesawat AirAsia QZ8501, Tim SAR gabungan masih terkendala dengan kondisi cuaca buruk di Selat Karimata. Bahkan para divers yang dipersiapkan, hingga saat ini belum bisa melakukan penyelaman efektif, debit arus air laut yang tercatat mencapai 2 hingga 5 knot merupakan kendala utama yang dihadapi.

Walau demikian, tak serta merta membuat Marsekal Muda TNI F Henry Bambang Sulistyo, Kepala Basarnas patah arang, berbagai langkah dan upaya ditempuh, salah satu nya dengan memberangkatkan armada laut ke titik lokasi operasi pencarian pada malam hari, hal ini dianggap lebih efektif dari sebelumnya, terutama mengingat cuaca buruk acap kali terjadi di siang hari.

“Kapal-kapal saya gerakkan pada malam hari, itu sudah dilakukan malam tadi, agar pagi sudah sampai, pasalnya saya bertarung dengan waktu dan cuaca,” sebut, Henry Bambang Sulistyo, Selasa (6/1)

Hingga saat ini, sedikitnya Lima armada kapal yang diberangkatkan, antara lain, KRI Sultan Hasanuddin, KRI Usman Harin, KN Geo Survey, KN Baruna Jaya serta KN Crest Onyx. Kelima armada itu difokuskan pada area konsentrasi atau area prioritas satu dengan sedikit bergeser kesebelah barat berkode area prioritas Dua dengan cakupan luas 100 nautical mile.

(anr/lif)

0 Comments

Leave a Comment

twelve − seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password