Rombongan Haji Mantan Menteri Agama Diperiksa KPK

Covesia.com – Kasus dugaan tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan haji di Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2012-2013 terus disidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meskipun dalam kasus ini, KPK menetapkan mantan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali sebagai tersangka namun belum dilakukan penahanan. Untuk melengkapi berkasi penyidikannya, KPK memeriksa sejumlah pihak yang berkaitan dengan dugaan korupsi tersebut.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap Richard Lessang yang merupakan salah satu anggota rombongan haji mantan Menag Suryadharma Ali.

“Dia (Richard Lessang) diperiksa untuk tersangka SDA (Suryadharma Ali),” kata Priharsa di Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Richard Lessang diketahui menjadi salah satu dari 34 anggota rombongan yang ikut beribadah haji bersama Suryadharma Ali pada 2012. Selain Richard, KPK juga memeriksa Kepala Subbag Tata Usaha Inspektorat Wilayah III Kemenag M Noer Alya Fitra.

Suryadharma Ali diduga mengajak berhaji koleganya yang berasal dari keluarga, pejabat Kemenag hingga anggota DPR. Padahal kuota haji seharusnya diprioritaskan untuk masyarakat untuk yang sudah mengantri lama.

KPK juga menduga dalam kasus ini terjadi pelanggaran dalam beberapa pokok anggaran. Yaitu Badan Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH), pemondokan hingga transportasi jamaah haji di Arab Saudi yang mencapai Rp1 triliun pada 2012-2013. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

four + twelve =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password