Korut Tembak Balon Propaganda Aktivis Korsel

Covesia.com – Aktivis Korea Selatan mengirimkan selebaran anti Korea Utara dengan menggunakan balon. Merespon propoganda itu, Korea Utara menembak balon prropaganda itu dan memperingatkan Seoul bahwa aksi tersebut bakal merusak perundingan kedua negara.

Korea Utara pada Rabu mengecam Korea Selatan setelah aktivis mengirimkan selebaran anti-Pyongyang di atas perbatasan dengan menggunakan balon, memperingatkan bahwa aksi semacam itu merusak perundingan tingkat tinggi pada masa lalu.

Korea Utara memperingatkan Seoul bahwa “tindakan sembrono” penyebaran selebaran oleh pembelot Korea Utara tersebut — yang mereka sebut “manusia sampah” — bisa mengancam dialog sementara, kata Korean Central News Agency (KCNA).

“Pada 5 Januari, lima manusia sampah… dari sebuah organisasi pembelot (Korea) Utara melakukan penyebaran lebih dari 1,3 juta selebaran yang isinya memfitnah kehormatan dan sistem sosial DPRK (Korea Utara),” lapor KCNA.

“Itu adalah… sebuah upaya terakhir untuk menghambat perbaikan dalam hubungan (Korea) Utara-Selatan dan merusak suasana dialog,” katanya, meminta Korea Selatan “mengklarifikasi” sikapnya.

Pada Oktober tahun lalu, beberapa balon yang dikirimkan dari Korea Selatan sempat memicu baku tembak di lintas perbatasan ketika Korea Utara mencoba menembak jatuh balon tersebut.

“Otoritas Korea Selatan jangan melupakan fakta bahwa tahun lalu suasana dialog… dirusak akibat penyebaran selebaran oleh manusia sampah,” kata KCNA dalam sebuah pernyataan, Rabu.

(ant/lif|)

0 Comments

Leave a Comment

fourteen − 11 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password