Tim Selam Pencari Pesawat AirAsia QZ 8501 Temukan Benda Diduga ULB

Covesia.com – Tak hanya ekor pesawat AirAsia QZ 8501 yang berhasil ditemukan tim penyelam Marinir Angkatan Laut dari Batalyon Intai Amfibi. Namun, juga dilaporkan telah menemukan benda yang diduga kuat merupakan Underwater Locator Beacon (ULB) dari dasar laut tempat ekor pesawat AirAsia QZ 8501.

Benda tersebut menyerupai besi panjang dan lonjong dengan panjang sekitar 10 sentimeter dan sudah diangkat oleh tim selam ke KRI Banda Aceh. Walau sudah ditemukan, namun hingga saat ini Basarnas belum menjelaskan terkait temuan tersebut.

ULB yang biasa terpasang di bagian luar kotak hitam diketahui merupakan alat yang berfungsi memancarkan suara, sehingga mampu memandu tim selam untuk menemukan Black Box. Alat ini juga berfungsi merekam semua kegiatan pilot dan awak kabin selama di dalam pesawat.

Bahkan, melalui benda ini, tim selam mampu mendeteksi pancaran suara dari ULB hingga jangkauan radius 200 meter, dalam rentan waktu 30 hari pasca insiden kecelakaan pesawat.

Saat ditemukan, ULB yang juga memancarkan sinyal darurat serta merekam semua kegiatan pilot dan awak kabin di dalam pesawat ini berada di bagian ekor AirAsia QZ8501 dalam kondisi terpisah dari Black Box.

(and/zik)

0 Comments

Leave a Comment

4 × 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password