Pemimpin Dunia Berduka dan Kutuk Penyerangan Majalah Charlie Hebdo

Covesia.com – Para pemimpin dunia mengutuk keras penyerangan yang menewaskan 12 orang di Kantor Majalah Charlie Hebdo di Paris, Rabu (7/1/2015).

Presiden Amerika Serikat Barack Obama lansung menawarkan bantuan kepada Prancis setelah terjadinya insiden yang tak beradab tersebut.

“Kami berhubungan dengan pejabat Prancis dan saya telah arahkan pemerintah saya untuk memberikan bantuan yang diperlukan untuk membantu membawa teroris ini ke pengadilan,” kata Obama.

Perdana Mentri Ingris David Cameroon menegaskan bahwa negaranya akan ikut bersama Prancis untuk memburu teroris di negara itu.

“Orang-orang Prancis adalah saudara kami, kami akan ada di belakangnya untuk membela kebebasan pers dan melawan teroris,” ujar Cameroon pasca insiden tersebut.

Sementara itu Presiden Rusia Viladmir Putin mengungkapkan duka yang mendalam atas insiden penembakan yang menewaskan dua polisi, Pemimpin Redaksi Majalah Charlie dan sejumla kru lainnya. Menurut Putin aksi terorisme harus ditumpas habis dan tidak layak diberikan ruang untuk hidup.

“Apapun bentuknya aksi terorisme tidak dapat dibenarkan,” ujar Putin

Selanjutnya Kanselir Jerman Angel Markel merasa terkejut atas insiden di Prancis itu. Markel menyatakan, seluruh rakyat Jerman ikut sedih dan berduka atas insiden mengerikan itu.

“Saya sampaikan bahwa simpati rakyat Jerman atas insiden itu, saya dan rakyat Jerman bersedih dan berduka,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pria bersenjata meneriakkan slogan-slogan Islam menyerbu kantor majalah Charlie Hebdo di Paris. Mereka dipersenjatai dengan senapan serbu AK-47 dan peluncur granat.

Pemimpin Redaksi Mingguan itu, Stephane Charbonnier, dan tiga kartunis termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan itu.

Aksi tersebut sebagai bentuk balasan karena sebelumnya, majalah itu telah menarik kontroversi dengan menerbitkan kartun satir Nabi Muhammad SAW, suatu yang tabu bagi ummat Islam.

(lif)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen + 11 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password