Pascaserangan Paris, Media Satir Denmark Tingkatkan Pengamanan

Covesia.com – Surat kabar Denmark, yang memicu kehebohan global dengan serangkaian gambar kartun Nabi Muhammad, meningkatkan keamanan pada Rabu (7/1/2015), pascaserangan maut terhadap tabloid mingguan satir Prancis.

Laporan AFP menyebutkan, menurut sebuah laporan, Jyllands-Posten menginformasikan stafnya melalui email mengenai langkah pengamanan yang tidak disebutkan setelah serangan bersenjata terhadap Charlie Hebdo di Paris, yang menewaskan sedikitnya 12 orang, seperti dilansir surat kabar Denmark Berlingske melalui situsnya.

“Pengawasan dan tingkat keamanan di dan sekitar kantor kami di Kopenhagen dan di kota Viby (Denmark barat) ditingkatkan,” menurut email tersebut yang dikutip Berlingske.

“Kami mengikuti secara dekat situasi terkait serangan terhadap Charlie Hebdo di Paris pada hari ini.”

Christine Blach, seorang juru bicara untuk surat kabar itu, menolak untuk mengomentari langkah pengamanan itu saat dihubungi AFP.

Jyllands-Posten menerbitkan 12 gambar kartun pada 30 September 2005, yang memicu kemarahan dan beberapa demonstrasi mematikan di seluruh dunia. Gambar kartun itu dicetak ulang oleh Charlie Hebdo pada 2006.

Kurt Westergaard, seniman di balik 12 gambar kartun paling kontroversial itu, diserang dalam upaya pembunuhan yang gagal di rumahnya pada 2010 namun mengatakan kepada media pada Rabu bahwa dia tidak takut atas keselamatannya berkat perlindungan pihak polisi. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

5 × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password